Jumat, 09 September 2011

Novelis AS, Valerie Miner, Kunjungi Surabaya

Surabaya menjadi salah satu kota tujuan yang dihampiri novelis Amerika Serikat (AS), Valerie Miner, selama lawatannya di Indonesia, awal April lalu selain Malang, Yogyakarta dan Jakarta. Di kota pahlawan ini, Kamis (2/4), di tengah kesibukannya usai memberi kuliah umum di tiga kampus, masing-masing Fakultas Sastra Unesa, UK Petra dan Fakultas Ilmu Budaya Unair, pada sore harinya, dia menyempatkan bersilaturahmi dengan penulis lokal.

Sedikitnya 70 penulis Jawa Timur, khususnya yang berdomisili di Kota Surabaya, hadir dalam kesempatan yang penyelenggaraannya dijembatani oleh Dewan Kesenian Surabaya bekerja sama dengan Konjen AS di Surabaya di Gedung Utama Balai Pemuda, Jl. Gubernur Suryo 15, itu. Tampak di antaranya adalah penulis Dukut Imam Widodo, Dramawan Akhudiat, novelis Suparto Broto, Soya Herawati, Lan Fang, serta pemenang pertama sayembara novel DKJ 2007, Mashuri.

Valerie Miner, yang saat ini juga tercatat sebagai Profesor di Stanford University, selama 25 tahun terakhir memang sedang giat berkeliling dunia untuk berceramah, mengajar, dan memberi workshop khususnya yang berkaitan dengan creative writing. Beberapa karya novelnya telah membuahkan berbagai penghargaan internasional, seperti dari The Rockefeller Foundation, The McKnight Foundation, The NEA, The Jerome Foundation dan The Heinz Foundation.

Dihadapan penulis Kota Surabaya, wanita kelahiran New York, 28 Agustus 1947, ini berbagi cerita. Dia mengaku, selain aktif menulis dan mengajar, belakangan juga menyibukkan diri dalam berbagai kegiatan art-in-residence: berkolaborasi menulis buku dan menggelar pameran di berbagai museum. n HN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sponsor