Minggu, 18 September 2011

Mengenang Seorang Kawan

Kematian akan selalu datang dan mengejutkan. Tak seorang pun tahu waktu yang pasti ajal menjemput. Bagi seorang seniman, kematian berarti aktifitas keseniannya juga berakhir.

Tapi ide pameran tetap bisa dilaksanakan. Deer Andry A Solo Exhibition of Andy Moch Realized By His Friends & Family adalah pameran bersama untuk mengenang Andry Mochammad, seniman kelahiran 1977 dan meninggal 1 Mei 2008 di Bandung. Seniman lulusan Seni Rupa Universitas Pendidikan Indonesia Bandung pernah memamerkan karya dalam bentuk video, instalasi, dan grafis di Jakarta, BanKronik dung, Yogyakarta, dan luar negeri.

Inilah cara seniman muda dari Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta mengenang kawan mereka yang tidak sempat menyelenggarakan pameran tunggal semasa hidupnya. Rekan-rekan Andry mewujudkan impiannya untuk berpameran tunggal dengan mengundang partisipan dari Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta.

Di ruang rupa Jakarta pada akhir Mei sampai awal Juni lalu 34 seniman Jakarta memamerkan karya-karya mereka untuk Andry. Kebanyakan mereka mengusung tema rusa dalam berbagai pose. Ada karya Ade Darmawan, Andang Kelana, Hafiz, Gembi Boy, Orcart De Kemano, Irwan Ahmett, dan sejumlah seniman muda lainnya menghadirkan karya mereka.

Mengenai sosok Andry, Indra Amen dari ruang rupa mengatakan, “Dia tidak pernah stagnan dalam berkarya. Selalu bereksperimen menggunakan berbagai macam medium dan pendekatan,” katanya. n ANH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor