Jumat, 09 September 2011

Eksplorasi Artistik

Tak kurang dari dua ratus enam puluh perupa dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan perupa otodidak serta perupa profesional seperti Tisna Sanjaya, Rudi ST Darma, Isa Perkasa, Benzik menyajikan eksplorasi artistiknya yang berukuran 10 x 10 cm dengan bingkai yang beragam ukuran ruang Galeri Hijrah (tentative name space) di Rumah Proses, Bandung, 17 - 20 April 2009.

Berbagai macam teknik dan metode artistik dari setiap perupa menyajikan konsep pemahamannya terhadap ruang untuk ditaklukkan secara cerdas melalui garapan artistiknya. Media kertas menjadi wadah yang disepakati bersama oleh para perupa untuk menyajikan konsep karya artistiknya dengan gagasan masing-masing.

Medium kertas seringkali dianggap bukan medium yang mampu menyuguhkan presentasi karya yang maksimal, final atau marketable seperti kanvas yang banyak diburu para kolektor dua tahun terakhir ini. Dan pameran itu memang tidak bertujuan untuk market.

Ekspresi dari pencapaian artistik dari perupa menjadi media belajar bersama untuk memahami proses kreatif dan metode presentasi karya. Rudi ST Darma memaknai pameran itu sebagai bentuk interaksi sosial perupa dengan lingkungannya masing-masing yang dibahasakan secara artistik ke dalam karya masing-masing perupa.

Iman Sutoyo, ketua penyelenggara pameran mengatakan bahwa pameran ini mengusung tema artistic fashion. Tajuk pameran itu sendiri memang dimaksudkan bagaimana perupa menampilkan karyanya dengan gaya masing-masing. n AF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor