Jumat, 09 September 2011

Dua Sistem yang berbeda saling berhubungan

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia. Sangkin mulianya manusia hidup dan tinggal di tempat yang serba lengkap, dan tempat itu kita kenal dengan sebutan planet bumi. Seperti kita ketahui bahwa planet bumi terdiri dari dua sistem yang berbeda, akan tetapi saling berhubungan antara sistem yang satu dengan sistem yang lainnya saling ketergantungan.

Jika kota berdiri dengan gagahnya, yaitu dengan bangunan gedung-gedung yang bertingkat, dengan aspal dan beton-beton yang kokoh, maka secara tidak langsung alam akan murka. Karena tidak ada tempat bagi air untuk menyatu dengan tanah. Tidak ada ruang bagi tumbuhan dan pepohonan yang lainnya untuk hidup.

Alam akan murka dengan gempa buminya atau dengan banjir banding atau tanah longsornya, sebab tanpa alam kehidupan akan menjadi suatu hal yang mustahil alias tidak adakehidupan tanpa alam. Karena alam memberikan segala yang dibutuhkan manusia untuk hidup dan berkembang biak. Dengan demikian kota tanpa alam merupakan suatu kemustahilan.

Jika kita melihat realita hari ini justru suatu hal yang sebaliknya. Sepertui yang dilukiskan oleh beberapa orang seniman, yaitu Ahmed Zafli, Yurnalis, Ricky Wahyudi, Netok Sawiji, Wadino, dan Imbalo Sakti. Mereka menggelar pamerannyanya pada tanggal 25 Maret-7 April di sebuah gallery yaitu, gallery Elcanna yang terdapat di ibu kota, dengan tema “Shape & Vision” (bentuk dan visi atau penglihatan ke masa depan).

Karya-karya tersebut menggambarkan dua sisi yang berbeda yang terdapat di dalam planet bumi, tempat tinggal manusia. Dua sisi yang berbeda akan tetapi saling berhubungan dan saling berpengaruh. Apabila bumi penuh dengan bangunan-banguana kokoh tanpa memebveri ruang bagi air dan tanaman maka, secara tidak langsung alam akan murka dengan tidak memeberikan kehidupan bagi umat manusia.

Beberapa karya ini juga menggambarkan atau memaparkan tentang kondisi alam masa depan, jika tidak ada pemeilharaan terhadap alam. Di mana manusia tidak memiliki tempat tinggal yang memberikan dia kehidupan yang lebih alami lagi. Sebut saja tempat tinggal yang penuh dengan tumbuh-tumbuhan dan udara yang segar. Beberpa karya ini juga memeberikan teguran bagi kita manusia agar lebih menjaga dan memeilihara alam lagi. Agar alam tetap bersih dan bersahabat. Semoga. n HN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor