Minggu, 18 September 2011

Kearifan Lokal di Jatiwangi

Jatiwangi Art Factory (JAF) dibentuk dengan main cord produksi seni rupa modern melalui bentuk-bentuk performance art. JAF sebagai arts space di sebuah desa di bagian utara Jawa Barat menggelar acara Artist in Residence, di Jatiwangi Art Factory, Jalan Makmur, Desa Jatisura – Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, 15-25 Juni 2009.

JAF mengundang seniman atau perupa yang terkenal dan memiliki pengalaman yang unik untuk dijadikan model bagi seniman lokal di Jatiwangi. Pada bulan Juni 2009, sejumlah perupa dari Singapura mengikuti program “Artist in Residence” selama satu bulan. Mereka antara lain Ahmad Abubakar, Erzan Adam, Angie Seah, Juliana Yasin.

Suasana hidup masyarakat Desa Jatisura, Jatiwangi Art Factory tidak lepas dari tanah yang diolah menjadi genteng. Aktivitas produktif sedari pagi sudah dimulai, hingga malam hari masyarakat pengrajin, petani sekaligus pengusaha mikro itu seperti tidak terhenti oleh waktu.

Misalnya, Ahmad Abubakar (pematung) dan Erzan Adam (pelukis) membuat riset kecil untuk membuat karya seni. Lalu cerita atau storytelling yang menjadi salah satu pengetahuan anak-anak dijadikan konsep dasar pembuatan topeng di Desa Jatisura, kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka. Workshop pembuatan topeng pun dimulai pada Minggu (15/6) pagi dengan melibatkan sejumlah anak-anak yang masih duduk di Sekolah Dasar Jatisura.

Anak-anak pun antusias mengikuti workshop pembuatan topeng bersama Ahmad dan Erzan di Galeri JAF. Ahmad dan Erzan mengambil referensi Topeng Cirebon sebagai konsep dasar workshop topengnya. n AF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sponsor